Optimalisasi Iklan Di Blog

Iklan diblog Anda akan sia-sia jika hanya menghasilkan kurang dari satu dolar perhari,

apalagi per bulan. Oleh karena itu, setiap iklan yang terpasang harus dimaksimalkan. Ada
berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalisasi pandapatan dari iklan yang
dipasang di blog, terutama iklan berbasis teks, seperti Yahoo! Publisher Network (YPN),
Google Adsense, atau Bidvertiser.
Beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar iklan-iklan yang dipasang diblog menjadi
optimal sebagai berikut:



1. Trafik

Mungkin, sebagian dari Anda sudah mengetahui cara iklan YPN atau Google
Adsense bekerja. Ya, benar! Anda akan mendapatkan imbalan berupa dolar setiap
kali ada yang mengeklik iklan yang dipasang di blog Anda. Akan tetapi, apakah
semua orang yang datang berkunjung akan melakukannya? Tentuny, hanya beberapa
orang saja yang akan mengeklik iklan yang terpasang diblog Anda dari sejumlah
kunjungan yang datang. Mulai dari titik ini, kita akan sedekit berbicara seperti MLM.
Misalkan, ada 100 orang prospek, mungkin hanya 9 orang yang bergabung. Jika
disederhanakan, dari 100 orang prospek, hanya 9 orang yang menghasilkan.
Kembali ke iklan Google Adsense, YPN, dll. Proses yang akan terjadi tidak jauh
berbeda dengan analogi MLM tadi, tetapi dengan perbandingan yang lebih sadis (dari
1000 pengunjung, mungkin hanya 15 orang yang menghasilkan/klik dolar). Artinya,
untuk mendapatkan hasil maksimal, dibutuhkan jumlah pengunjung yang maksimal
juga. Dalam dunia internet, hal ini disebut sebagai trafik.



2. Posisi Iklan

Pernahkan Anda membayangkan (saya sering menemukan) blog dengan jumlah trafik
yang gila-gilaan, tetapi tidak menghasilkan doalr dalam jumlah yang sama luar
biasanya? Hal itu lebih sering disebabkan mereka memang tidak mengerti cara
memasang iklan diblog. Mungkin, hal ini tidak akan mengecewakan sang pemilik
blog karena memang dia belum melakukan apa-apa. Hal yang patut disayangkan
adalah apabila si pemilik blog sudah mendaftar, kemudian memasang iklan diblognya,
tapi menempatkan iklan tersebut diposisi yang tidak efektif; setelah menunggu
sekian lama, ternyata hasil yang didapat masih jauh dari jumlah yang bisa diuangkan.
Sebenarnya, Google sendiri sudah menyediakan panduan mengenai posisi-posisi
strategis untuk memasang iklan. Di antaranya:



• Bagian atas Blog

Alasannya karena bagian ataslah yang muncul pertama kali ketika sebuah
situs di internet mulai membuka. Dengan memosisikan iklan di bagian atas,
pengunjung akan segera disuguhi dengan iklan tersebut dan mungkin
langsung tertarik dan akhirnya…klik!



• Didalam artikel

Setelah pengunjung membaca artikel, tidak jarang mereka malah semakin
ingin tahu. Dengan adanya iklan yang berbentuk link-link ke situs terkait,
tentunya mereka akan segera mengeklik link tersebut dan…dollar!

3. Desain Iklan
Desain iklan yang dibuat seolah menyatu (blended) dengan desain keseluruhan blog
terbukti sebagai salah satu cara yang sangat efektif untuk memberikan tingkat klik
yang optimal. Namun, tidak seperti logika iklan didunia nyata: sebuah fakta penting
yang sering disampaikan oleh blogger-blogger senior, yaitu iklan didalam blog harus
dibuat sangat biasa hingga bahkan tidak terlihat seperti iklan.



4. Ukuran Iklan

Ukuran iklan ternyata juga turut memengaruhi hasil klik yang dipanen. Dalam sebuah
forum di internet, dijelaskan fakta bahwa ukuran 468x60 terbukti sebagai ukuran
iklan yang paling efektif.

0 komentar:

Post a Comment

Image